Welcome.. Willkommen.. Bienvenidos.. Selamat Datang..

Featured

The act of putting pen to paper encourages pause for thought, this in turn makes us think more deeply about life, which helps us regain our equilibrium. ~Norbet Platt

Menulis sebenarnya bukanlah kegiatan yang biasa dilakukan oleh penulis. Namun penulis menyadari bahwa menulis mempunyai banyak sisi positif. Di samping dapat menuangkan berbagai pemikiran dan hal-hal yang dialami oleh penulis, melalui tulisan-tulisan ini juga penulis dapat berbagi banyak hal dengan pembaca. Tulisan-tulisan ini pun dapat menjadi sebuah log book mengenai kegiatan-kegiatan yang dialami dan hal-hal yang dipelajari oleh penulis.

Penulis berharap tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi pembaca dan penulis pun mengharapkan komentar-komentar dan masukan dari pembaca.

Selamat membaca.

Advertisements

A Year has been passed…

Wow.. gak kerasa udah setahun ini gua gak update blog di wordpress.. haha.. kacau juga sih.. anyway, sudah banyak hal yang terjadi di dalam satu tahun ini.

Di pekerjaan misalnya, sudah mulai ada project yang cukup menguras tenaga dan pikiran. Di dunia asmara, saat ini sudah punya girlfriend ^^.. terus.. hmm apa lagi ya? oya, umur sudah bertambah lagi 1 tahun, alias makin tua.. haha

Ya.. berharap deh semua nya berjalan makin lancar di tahun 2010 ini..

Satu pengalaman yang pengen gua share.. tadi pagi ngalamin yang namanya maceeetttt parah.. bayangin aja… perjalanan dari Karawaci ke kantor di bilangan Gatot Subroto Jakarta, makan waktu 2 jam 15 menit..!!!! ck ck ck bisa tua di jalan tuh.. haha Sebab musabab nya sih karena tadi subuh di Jakarta hujan, terus banjir deh.. jadi nya macet dimana-mana.. huff.. cape deh…

Hal yang bikin heran tuh, permasalahan banjir ini udah puluhan tahun menghantui Jakarta tanpa ada solusi yang oke dari pemerintah. Banjir Kanal Timur misalnya, proyek ini merupakan proyek yang direncanakan dari tahun 70-an dan baru akan selesai (jika jadi) dalam waktu dekat ini. Lucunya, rancangan ini adalah didasarkan pada rencana induk Banjir Kanal Jakarta yang dirancang pada tahun 1973. Bisa dibayangkan perbedaan situasi ketika rencana induk ini dibuat dengan kondisi sekarang ini… huff yaa.. mudah-mudahan sih BKT ini bisa membantu mengurangi permasalah banjir di Jakarta… supaya Jakarta tidak jadi kota macet lagi… ^^

Cheers,
CHW

Pengalaman membuat NPWP

Saat ini aku mau berbagi pengalaman tentang membuat NPWP. Saat ini NPWP menjadi buah bibir dimana-mana terutama di kalangan karyawan perusahaan. Karyawan wajib membayar Pajak Penghasilan (PPh) kepada pemerintah yang besarnya telah ditentukan. Karyawan yang tidak mempunyai NPWP akan dikenakan pajak yang lebih besar daripada karyawan yang mempunyai NPWP, dengan kata lain sebaiknya kita membuat NPWP. Selain agar kita membayar pajak sebesar yang seharusnya, kita pun dinilai sebagai warga negara yang baik dengan mempunyai NPWP. Keuntungan lain dari NPWP adalah pemilik NPWP dibebaskan dari biaya fiskal ketika bepergian ke luar negeri.

Pagi tadi aku pergi ke kantor pajak Tegallega di jalan Soekarno Hatta, Bandung. Kantor tersebut terletak di tak jauh di samping Pasar Caringin. Gedung tersebut tampak masih bagus dengan peralatan yang masih bagus pula. Ketika masuk, aku menekan tombol antrian untuk mendapatkan nomor antrian. Tak lama menunggu, aku dipanggil dan menyerahkan form registrasi dan fotokopi KTP. Sebelumnya aku telah mendaftar secara online di http://www.pajak.go.id, jadi ketika aku tiba di kantor pajak, aku tinggal menyerahkan form itu beserta dengan fotokopi KTP. Setelah diserahkan, aku disuruh menunggu beberapa saat dan kemudian dipanggil untuk mengambil kartu NPWP. Wow! Ternyata tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya sekitar 15 menit saja semua proses itu berlangsung. Memang tadi itu aku hanya mendapatkan kartu NPWP, sedangkan SKT (Surat Keterangan Terdaftar) harus diambil besok pagi.

Aku melihat hal ini sebagai sebuah kemajuan besar di negeri ini. Jika dahulu proses birokrasi berbelit-belit, memakan waktu yang lama, dan biasanya membutuhkan uang pelicin, namun kali ini proses birokrasi berjalan semestinya tanpa ada aturan yang membingungkan. Semoga hal ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang.

Mouse Gesture pada Opera 9.63

Pada Opera 9.63 ini terdapat sebuah fitur yang menurutku keren, memudahkan, dan mengasyikkan. Dengan menggunakan Mouse Gesture, kita dapat melakukan berbagai macam navigasi ketika melakukan browsing, seperti Back, Forward, Open New Tab, dll. Berikut ini adalah beberapa daftar navigasi yang dapat kita lakukan dengan menggunakan Mouse Gesture. Untuk info lengkapnya dapat dilihat di sini.

Selamat mencoba.

mousegesture

And The Journey Begins..

Hari ini adalah hari raya imlek, merayakan pergantian tahun dari tahun tikus ke tahun kerbau. Pada hari ini pula bertepatan dengan keberangkatanku ke Karawaci. Dan hari ini pula lah sebuah babak baru dari kehidupanku dimulai.

Banyak asa dan harapan yang kubawa dari Bandung ke Karawaci. Memasuki dunia kerja bukanlah hal yang mudah. Bagiku, hal ini adalah sebuah hal yang menyenangkan sekaligus menyedihkan. Menyedihkan karena dengan perginya aku ke Karawaci, berarti semakin jauh pula jarak antara aku dan mamaku. Bukan berarti aku ini adalah seorang yang “anak mama”, tetapi jika kamu mengetahui kehidupanku, kamu akan tahu betapa penting artinya mama bagiku dan demikian pula sebaliknya. Di sisi yang lain, menyenangkan karena aku tahu bahwa aku akan bertemu dengan orang-orang yang jauh lebih pandai dan ahli dibandingkan diriku. Aku pasti dan harus belajar banyak dari mereka, aku akan berusaha memberikan yang terbaik dari diriku. Pekerjaan ini berarti sebuah tantangan baru dalam kehidupanku.

Banyak petuah-petuah dan wejangan-wejangan yang aku dapatkan sebelum aku bekerja. Mungkin nasehat yang paling aku ingat adalah “Jadi orang jangan terlalu lurus”, “Harus bisa menjadi bunglon”. Hmm.. berulang kali aku memikirkan hal tersebut. Mereka mengatakan dunia kerja sudah berbeda dari dunia kuliah, banyak orang yang berlomba-lomba menjadi yang terbaik di perusahaannya dengan cara apapun. Persaingan lebih ketat, saling menjatuhkan, saling sikut, jilat sana-sini. Ya, mungkin hal-hal tersebut yang akan kuhadapi nanti. Akankah diriku siap menghadapi semua ini? Acapkali aku bertanya pada diriku, apakah aku akan tetap dapat mempertahankan nilai-nilai yang telah aku punya selama ini? Ataukah aku akan melepaskan nilai-nilai tersebut dan menjualnya kepada keadaan? Aku yakin bahwa Tuhan akan memberi hikmat kepada anakNya. Firman Tuhan berkata, “Jadilah cerdik seperti ular, tetapi tulus seperti merpati.”

Ketika aku mengetik tulisan ini, waktu sudah hampir tengah malam. Mata mulai berat dan kantuk mulai menghampiri. Yah.. mungkin waktunya untuk tidur, menyudahi hari ini di dalam kamar berukuran 3×4 meter yang “resmi” hari ini aku tempati. Besok akan ada lagi tantangan dan kesenangan selanjutnya.

Mendaftarkan Blog ke Mesin Pencari

Salah satu cara untuk meningkatkan popularitas blog adalah dengan mendaftarkan blog tersebut ke mesin-mesin pencari yang ada, seperti Google, Yahoo, Search.com, dan lainnya. Ada sebuah cara yang praktis untuk dapat mendaftarkan blog kita langsung ke  40 mesin pencari baik itu yang besar maupun yang kecil. Tips ini aku dapatkan dari blog http://bisnisvianet.wordpress.com

Langkah-langkah tersebut adalah :

1. Bukalah http://submitexpress.com
2. Isi alamat blog Anda di kotak yang tersedia di bawah tulisan FREE SUBMISSION. Contohnya https://chwijaya.wordpress.com
3. Klik Continue
4. Isi Email Anda di kotak yang tersedia.
4. Setelah mengisi kode rahasia yang ada di bagian bawah, klik “submit”
5. Selesai.

Job Desk or Job Desc ??

Memenuhi permintaan pembaca, ada satu lagi nih ulasan mengenai penggunaan Bahasa Inggris yang cukup menarik untuk disimak.

“Gimana nih? Job desk (ataukah Job desc ?) gua gak jelas gini.. udah lebih dari 6 bulan kerja tapi kerjaan gua masih gak jelas??”

Istilah tersebut seringkali kita dengar ketika ketika mengikuti suatu kepanitiaan atau ketika kita bekerja di suatu perusahaan. Istilah tersebut yang dimaksud adalah deskripsi pekerjaan yang kita terima. Jadi sebetulnya dari definisi itu kita sudah dapat menyimpulkan bahwa istilah yang dimaksud adalah JOB DESCRIPTION atau disingkat menjadi JOB DESC, bukan job desk seperti yang banyak orang gunakan.

Mengenai penggunaan istilah ini, ada hal yang menarik untuk dicoba. Coba Anda lakukan dua buah pencarian di Google : 1. keyword “job desk”, 2. keyword “job desc”. Disana Anda akan melihat bahwa masih banyak orang yang salah kaprah dengan menggunakan istilah job desk, terutama orang-orang Indonesia. ^^ Semoga banyak orang yang membaca tulisan ini dan dapat memperbaiki kesalahannya.

Menambah Memori Notebook.. Yes!!

Akhirnya, setelah sekiaaan lama tertunda-tunda, jadi juga aku meng-upgrade notebook kesayanganku ini. Memori bawaan dari notebook Acer 4520 ini adalah 512 MB DDR2 PC-5300. Sebenarnya dengan memori bawaan sebesar itu, aku cukup nyaman dalam mengerjakan tugas-tugas keseharianku. Ketika mengerjakan tugas akhir kampus pun aku masih menggunakan memori bawaannya.

Namun ketika aku mulai menggunakan layanan Internet unlimited, kegiatanku di notebook ini semakin bertambah, mulai dari chatting, browsing, uploading, downloading, yang mengharuskan aku membuka banyak jendela dan akibatnya adalah performa notebook menjadi menurun. Semakin lama menjadi semakin lambat.. lambat.. dan lambat. Argghhh semakin kesal ku dibuatnya..!! Ketika booting pertama kali, mungkin harus menunggu sekitar 5 menit baru aku bisa mulai menggunakan notebook ini. Mengesalkan sekali, bukan?

Syukurlah barusan aku menambah memori notebook ini dengan memori tambahan sebesar 1GB. Jadi total memori di notebook ini lebih kurang 1,5 GB. Harga memori 1GB ini sekarang Rp 155.000,-. Dibandingkan tahun lalu, harga memori menurun drastis. Tahun lalu adikku membeli memori 512 MB dengan harga yang kurang lebih sama.

Yah dengan memori 1,5 GB ini, aku pikir cukuplah untuk mendukung kegiatanku sehari-hari nanti ketika mulai bekerja. C’mon notebook-ku (belum ada namanya nih notebook.. haha) ! Kita arungi petualangan baru minggu depan !!